Dunia Android

0
Hai Droiders, setelah kalian tau Apa Itu Android ? Sekarang kita masuk ke dalam sejarah dari Android. Berikut Penjelasannya untuk para Droiders :)

Android

Android Text

Android, Inc didirikan di Palo Alto, California pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin (co - pendiri Danger ), Kaya Miner (co - pendiri Wildfire Communications, Inc.),Nick Sears ( sekali VP di T-Mobile) dan Chris White ( Pemimpin desain dan pengembangan antarmuka Webtv) untuk mengembangkan, dengan kata Rubin "perangkat mobile pintar yang lebih standar lokasi dan prefensi pemiliknya". Niat awal perusahaan adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih untuk kamera digital, ketika disadari bahwa pasar untuk perangkat tidak cupu besar, dan dialihkan upaya mereka untuk menghasilkan sistem operasi smartphone untuk menghasilkan sistem operasi smartphone untuk menyaingi Symbian dan Windown Mobile. Meskipun prestasi masa lalu dari pendiri dan karyawan awal Android, Inc dioperasikan diam-diam, hanya mengungkapkan bahwa itu bekerja pada perangkat lunak untuk ponsel.

Andy Rubin
Andy Rubin
Pada tahun yang sama, Rubin kehabisan uang. Steve Perlman, teman dekat Rubin, membawanya 10.000$ tunai dan menolak tawaran saham di perusahaan. Google mengakuisi Android Inc pada tanggal 17 Agustus 2005, karyawan kunci Android Inc, termasuk Rubin, Miner, dan White, tinggal di perusahaan setelah akuisisi. Tidak banyak yang diketahui tentang Android Inc pada saat itu, tetapi banyak berasumsi bahwa Google berencana untuk memasuki ponsel pasar dengan langkah ini.

Di google, tim yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platforn perangkat mobile didukung oleh kernel Linux. Google akan memasarkan platform tersebut kepada produsen perangkat seluler dan operator pada perangkat nirkabel, dengan janji bahwa mereka menyediakan sistem yang fleksibel dan bisa di perbaharui. Google telah memilih beberapa mitra perusahaan perangkat lunak dan keras, serta mengisyaratkan kepada operator seluler bawha kerjasama ini terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi.

Spekulasi tentang niat Google untuk memasuki pasar komunikasi mobile terus membangun sampar Desember 2006. BBC dan Wall Street Journal malaporkan bahwa Google sedang bekerja keras untuk menyertakan aplikasi dan mesin pencariannya di perangkat seluler. Berbagai media cetak dan media daring mengabarkan bahwa Google sedang mengembangkan perangkat seluler dengan merek Google. Beberapa di antaranya berspekulasi bahwa Google telah menentukan spesifikasi teknisnya, termasuk produsen telepon dan operator jaringan. Pada bulan Desember 2007, InformationWeek melaporkan bahwa Googletelah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler.

Pada tanggal 5 November 2007, Open Handset Alliance (OHA) didirikan. OHA adalah konsorsium dari perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google, produsen perangkat seluler seperti HTC, Sony dan Samsung, operator nirkabel seperti Sprint Nextel dan T-Mobile, serta produsen chipset seperti Qualcomm dan Texas Instruments. OHA sendiri bertujuan untuk mengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler. Saat itu, Android diresmikan sebagai produk pertamanya, sebuah platform perangkat seluler yang menggunakan kernel Linux versi 2.6. Telepon seluler komersial pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang diluncurkan pada 22 Oktober 2008.

HTC Dream
HTC Dream
Pada tahun 2010, Google merilir Nexus, perangkat telepon pintar dan tablet dengan sistem operasi Android yang di produksi oleh mitra perodusen telepon seluler seperti HTC, LG, dan Samsung. HTC bekerjasama dengan Goolge dalam merilis produk telepon pintar Nexus pertama, yakni Nexus One. Seri ini telah diperbaharui dengan perangkat yang lebih baru, misalnya telepon pintar Nexus 4 dan tablet Nexus 10 yang di produksi oleh LG dan Samsung. Pada 14 Maret 2013, Larry Page menngumumkan dalam postingan blognya bahwa Andy Rubin telah pindah dari divisi Android untuk mengerjakan proyek-proyek baru di Google. Ia digantikan oleh Sundar Pichai, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala divisi Google Chrome,yang mengembangkan Chrome OS.

Sejak tahun 2008, Android secara bertahap telah melakukan sejumlah pembaharuan untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, menambahkan fitur baru, dan memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Setiap versi utama yang dirilis dinamakan secara alfabetis berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut atau cemilan berguna. Misalnya Versi 1.5 bernama Cupcake, yang kemudian diikuti oleh versi 1.6 Donut. versi terbaru adalah 4.4 KitKat, yang dirilis pada 31 oktober 2013.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. :-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.

 
Top