Dunia Android

0

Root atau Rooting adalah sebuah istilah yang paling populer dalam sistem operasi linux. Root atau proses Root adalah sebuah tindakan untuk mendapatkan hak akses penuh Administrator (Full Administrator) terhadap perangkat Android Kalian. Dengan hak akses full administrator ini, maka Kalian bisa melakukan apa saja terhadap smartphone atau table Android Kalian. Kalian bisa memodifikasi tampilan, menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu yang sebelumnya tidak bisa di install, menghapus dan memodifikasi sistem dan operas-operasi lainnya yang sebelumnya tidak bisa Kalian lakukan karena di kunci oleh vendor perangkat Android yang Kalian gunakan.

Kegiatan rooting ini mirip dengan aktifitas Jailbreak pada sistem operasi iOS. Namun yang sebenarnya terjadi pada proses rotting adalah mengganti sistem operasi default perangkat Anda dengan ROM. ROM merupakan singkatan dari Android Read Only Memory. ROM merupakan versi lain dari sistem operasi yang dibuat oleh developer pihak ke tiga. ROM memiliki lebih banyak kontrol, lebih bebas dan fleksibel untuk Kalian otak atik atau memodifikasinya. Android yang sudah di konstumasi dan modifikasi ini disediakan oleh pengembang pihak ke tiga.

Jika Kalian pernah mendengan istilah Flashing ROMs maka itu artinya merujuk pada instalasi OS Android yang sudah di kostum ke dalam perangkat Android Kalian melalui sebuah sistem image.

Jangan serius-serius ah, santai dulu sejeak :D

Proses rooting sangat bervariasitergantung dari jenis perangkat Android yang kalian gunakan, cara  root Samsung Galaxy S4 misalnya mungkin akan berbeda dengan root Xperia Z. Jangankan proses root-nya jenis ROMs nya saja bisa sangat bervariasi, tergantung dari perangkat android Kalian. Perangkat untuk merk-merk terkenal seperti Samsung Galaxy S4 memiliki banyak variasi ROM.

INGAT :
Melakukan rooting perangkat Android dapat mengakibatkan klaim garansi Android tidak berlaku lagi, sedangkan melakukan flashing ROM dapat mengakibatkan kehilangan data dan semua settingan akan dikembalikan ke settingan awalnya.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. :-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.

 
Top